Cara Membuat Directory Format Bersusun Di Linux


Ok deh biasanya kalo tukanag blog ini suka cerita dulu biar nambahin page nya,🙂 Ok ane cerita dulu dikit begini ceritanya saya punya teman kerja freelance dan dia ada panggilan freelance nan di RADAR BEKASI, nah biasa sesama teman minta tolong lah gitu maksudnya mah kali ya, ya uda ane tolongin jadi ceritanya si perusahaannya itu punya filesharing lah kalo bahasa keren nya mah, nah dia minta tolong bagaimana cara membuat directory di dalam linux, kalo menurut saya itu adalah sangat gampang tapi karena mungkin temen saya belome bisa ya uda saya ajarin dia deh. Tapi di sini ada yang unik yaitu cara pembuatan foldernya secara berulang dan banyak.

Misalkan saya mau membuat Folder di dalam file sharing nya dengan nama folder atau direcotry 03-Maret-2013Tapi di dalam folder / directory tersebut ada folder atau di rectory nama directorynya tanggal misalkan tgl-01 sampai tgl-30 kan kalo manual gak mungkin satu – satu gitu ya uda deh saya tanya ke STAKOVERFLOW mantep juga nih forum cepet kalo mau tanya – tanya angkat jempol sama forum luar yang satu ini.

Gimana uda ngelihat kan gimana ribet nya kalo misalkan one bye one atau satu persatu nah ada cara cepat nya saya baru nemu di forum itu begini kalo cara cepat nya.

# mkdir hal-{01..30}
# ls
hal-01  hal-04  hal-07  hal-10  hal-13  hal-16  hal-19  hal-22  hal-25  hal-28
hal-02  hal-05  hal-08  hal-11  hal-14  hal-17  hal-20  hal-23  hal-26  hal-29
hal-03  hal-06  hal-09  hal-12  hal-15  hal-18  hal-21  hal-24  hal-27  hal-30
 

Nah berhasilkan tapi kalo misalkan gak berhasil katanya pakai echo cuma saya langsung berhasil si jadi gak perlu repot – repot dah manual satu – satu kalo ada cara yang lebih cepat cari aja cara yang lebih cepat untuk mengeksekusinya. Ada pun cara untuk me remove nya bisa memakai ini

# rm -rf hal-{01..30}
# ls

Oh ia kalo di tempat teman saya nih gak berhasil kalo di server temen saya yang berhasil di laptop saya soalnya pakai linux di laptop saya, mungkin linux nya linux jadul kali di tempat temen saya keluarannya itu jadi gini nih hal-1 sampai dengan hal-2,3,4,5,6,7,8,9. Tapi ada solusinya begini nih.

# mkdir hal-0{1..9} hal-{10..16}
# ls
hal-01  hal-03  hal-05  hal-07  hal-09  hal-11  hal-13  hal-15
hal-02  hal-04  hal-06  hal-08  hal-10  hal-12  hal-14  hal-16

Ok selamat berbagi teman – teman semua jangan pelit ya soalnya kalo misalkan kita pelit malah makin susah dalam mengeksekusi masalah dan dunia mungkin terasa sempit

Leave a Reply

