RESET DNS ON UBUNTU BACK TO BLANK WHEN SHUTDOWN OR REBOOT


Begini ceritanya saya coba install ubuntu 12.04 Lts, nah setelah selesai install saya mau configurasi IP static di ubuntu karena asalnya NIC yang mengarah ke Internet suda dapet DHCP karena ubuntu ini buat server proxy akhirnya saya setting secara static tapi anehnya setelah saya restart balik lagi untuk settingan DNS nya, balik lagi ke awal lihat settingan defaultnya di bawah ini

# vim /etc/resolv.conf
# Dynamic resolv.conf(5) file for glibc resolver(3) generated by resolvconf(8)
#     DO NOT EDIT THIS FILE BY HAND -- YOUR CHANGES WILL BE OVERWRITTEN

saya isi di dalam confignya dns seperti bebrikut ini

# Dynamic resolv.conf(5) file for glibc resolver(3) generated by resolvconf(8)
#     DO NOT EDIT THIS FILE BY HAND -- YOUR CHANGES WILL BE OVERWRITTEN
nameserver 10.10.10.1

Yang anehnya setelah di restart system itu balik lagi ke default atau blank settinganya wah sungguh aneh, saya inget tuh ternyata karena NIC yang menuju internet asalnya DHCP mungkin ini gara – garanya, akhirnya nemu solusi seperti dari SINI katanya di tanam di config nya interface jadi begini nih config interfacenya

# vim /etc/network/interfaces 
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.33.2
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.33.1
dns-nameservers 192.168.33.1

Lalu coba saya ping ke salah satu website jalan, tapi saya belome yakin akhirnya saya reboot aja system muat memastikan blank lagi atau gak nya akhirnya berhasil juga setelah di config kayak gitu tidak balik lagi ke awal config dns nya, semoga ini jadi solusi.

Nemu lagi solusi kalo solusi satu gak mempan atau masih ngereset ketika di reboot di uninstall aja paket NetworkManager nya

# sudo apt-get --purge remove network-manager

Masukin lagi dns nya ke /etc/resolv.con selamat mencoba semuanya

Leave a Reply

