Fitur Burst Limit di Mikrotik untuk Optimalisasi Bandwidth


Umumnya, seorang Network Administrator yang baik adalah dia yang mampu membuat dirinya nyaman saat memelihara kestabilan koneksi atau jaringan pada lingkungan kerjanya. Sebesar apapun bandwidth yang dimiliki sebuah perusahaan, akan sia – sia jika pengelolaannya tidak baik.

Bagaimana mengelola sebuah bandwidth agar tercipta kenyamanan koneksi bersama? Keluhan dan komplain akan tertangani dengan sendirinya ketika kita memutuskan untuk menggunakan fitur “Burst Limit Mikrotik”. Burst limit biasa difungsikan bersama sama dengan max limit, burst treshold dan burst time. Pengertian dari burst limit sendiri adalah batasan maksimal bandwidth yang dapat dikonsumsi dalam waktu yang singkat yang ditentukan dengan busrt-time. Jadi contoh sebuah konfigurasi burst limit bila digambarkan dengan kata – kata yakni: Komputer A diatur bandwidth maksimalnya (max limit) 256kbps, burst limit 512kbps, burst treshold 128kbps, dan burst time 8s (detik). Maka hasilnya adalah: Saat Pertama kali komputer A melakukan akses, dia akan mendapat bandwidth awal sebesar 256kbps, dan akan diledakkan ke 512kbps selama 8 detik, ketika 8 detik sudah lalu, bandwidth diturunkan kembali hingga mencapai 128kbps (burst treshold) dan dinaikkan lagi ke 256kbps kemudian diledakkan kembali atau diburst ke 512kbps (burst limit) dan diturunkan kembali hingga 128kbps (burst treshold), begitu seterusnya.

Dengan konfigurasi tersebut, tentunya akan menghasilkan pergantian penggunaan bandwidth secara otomatis. Penggunaan fitur burst limit ini seringkali kita jumpai saat kita menggunakan koneksi broadband GSM. Ketika kita mengunduh sebuah file, awalnya kita akan mendapat bandwidth maksimal, kemudian diburst, dan beberapa detik, kecepatan menurun, hingga kembali lagi ke limit maksimal.

Reference dari http://blog.jailbreakyuk.com/2012/11/fitur-burst-limit-di-mikrotik-untuk.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s