Cara mengatasi masalah komputer tidak bisa booting sama sekali


Masalah yang sering saya alami atau ditanyakan oleh teman dan client saya adalah “Mengapa komputer saya tidak bisa booting/tidak keluar gambar?”. Gejalanya tidak ada suara beep tanda error atau berhasil boot, monitor gelap gulita, tetapi kipas CPU dan led indikator menyala. Biasanya hal ini dialami oleh PC Rakitan. Saya akan coba share beberapa langkah yang sering saya lakukan bila menghadapi masalah ini.

Solusi ini pernah diberikan oleh teman saya (Dinoy) saat awal saya memiliki PC, langkah-langkahnya adalah

  1. Matikan power (aliran listrik) PC tersebut dengan cara melepaskan kabel power.
  2. Buka casing PC dari samping.
  3. Secara hati-hati, lepaskan seluruh komponen kecuali CPU, yaitu RAM (Memory), Graphic Card,PCI Card (LAN Card, Sound Card, dll), CD/DVD ROM/RW dan Harddisk.
  4. Jika anda memiliki Graphic Card, saat melepas jangan lupa lepaskan juga konektor VGA atauDVI dari slot pada Graphic Card dan pasang kembali ke slot Internal Graphic Card.
  5. Reset konfigurasi motherboard (cek buku manual motherboard Anda atau lepaskan baterai, hidupkan dalam keadaan terlepas, matikan power lalu pasang kembali baterai).
  6. Pasang kabel power dan hidupkan kembali PC Anda.
  7. Setelah beberapa langkah di atas, jika motherboard normal, Anda akan mendengar bunyi beep dari motherboard, tetapi jika motherboard bermasalah maka tidak akan terdenger bunyi apapun (dengan syarat speaker motherboard terpasang).Speaker Motherboard
  8. Matikan power kembali, lalu pasang satu persatu mulai dari RAM, Graphic Card, PCI Card, CD/DVD ROM/RW dan Harddisk.
  9. Setelah memasang satu komponen, hidupkan kembali PC Anda.
  10. Jika bunyi beep terdengar, berarti normal dan lanjutkan memasang komponen lainnya, jika tidak, lepas komponen tersebut, ganti dengan komponen lain dan ulangi langkah ini.
  11. Jika saat memasang RAM, PC anda malah berbunyi beep terus-menerus dan temponya agak cepat, cobalah untuk mengecek RAM tersebut. Anda bisa membaca post saya mengenaiMemory PC tidak Terdeteksi

Lanjutkan terus hingga semua komponen terpasang kembali dan komponen yang rusak ditemukan. Langkah-langkah ini selalu saya lakukan sebagai langkah awal saya dalam memeriksa kerusakan PC yang tidak mau booting. Kalau dihitung-hitung tingkat keberhasilannya lebih dari 90%.

Sumber  : http://tito.pandubrahmanto.com/troubleshooting/solusi-pc-tidak-bisa-booting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s